Loading...

Tata Cara Sholat Tahajud

Tata Cara Sholat Tahajud - Salah satu amalan sunnah yang paling sering dilakukan Nabi Muhammad SAW adalah Tahajud, bahkan dapat dikatakan tidak ada malam yang dilewati beliau tanpa qiyamul lail (Sholat tahajud)
Sholat Tahajud adalah Sholat sunnah yang dikerjakan di malam hari setelah bangun tidur minimal 2 raka'at sampai tak terbatas jumlahnya dan dalam pengerjaannya dua raka'at salam dua raka'at salam.
tata cara sholat tahajud
Sholat Tahajud

Tata Cara sholat tahajud yang benar

Hukum sholat Tahajud adalah Sunnah, lebih tepatnya Sunnah mu'akad yaitu sunnah yang dianjurkan, dalam sebuah hadits menyebutkan bahwa tidak ada malam Rasulullah SAW yang terlewat tanpa Sholat Tahajud,
Anas bin Malik (pembantu Rasulullah SAW) mengatakan;

مَا كُنَّا نَشَاءُ أَنْ نَرَى رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي اللَّيْلِ مُصَلِّيًا إِلَّا رَأَيْنَاهُ وَلَا نَشَاءُ أَنْ نَرَاهُ نَائِمًا إِلَّا رَأَيْنَاهُ
“Tidaklah kami bangun agar ingin melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di malam hari mengerjakan shalat kecuali pasti kami melihatnya. Dan tidaklah kami bangun melihat beliau dalam keadaan tidur kecuali pasti kami melihatnya pula.”(HR Bukhari 1141 dan An-Nasai 1627)

Allah berfirman dalam Al quran surat Al Isra ayat 79;
وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا
Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Isra’: 79)
baca juga : Tata Cara dan Doa sholat istikharah
Ayat tersebut sangat jelas memerintahkan kita untuk melaksanakan sholat tahajud.
Banyak sekali yang salah tentang pengertian sholat tahajud, kebanyakan salah mengartikan Qiyamul lail sama dengan Sholat Tahajud. Qiyamul lail adalah sholat malam (sholat yang dilakukan di malam hari) di dalamnya termasuk tahajud, namun cara sholat tahajud adalah setelah bangun dari tidur, jika dilakukan tanpa tidur terlebih dahulu disebut sholat sunnah biasa.

Panduan sholat tahajud dan bacaannya

Tidak ada gerakan khusus dalam sholat tahajud dibandingkan sholat fardhu lainnya, artinya semua gerakan sholat tahajud sama dengan sholat pada umumnya. begitu juga dengan thahaharah-nya, sebelum melaksanakan sholat tahajud nabi SAW bersiwak dan wudhu terlebih dahulu.
baca juga : macam thaharah
Cara sholat Tahajud
1. Niat
Niat tidak hanya dilakukan lewat bibir namun juga diyakini dalam hati, Niat sholat tahajud adalah sebagai berikut;
أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ ِللَهِ تَعَاليَ
Niat sholat tahajud latin
Usholli sunnatat-tahajjudi rok'ataini lillahi ta'alaa
Arti bacaan niat sholat tahajud: "Saya berniat sholat sunnah tahajud dua raka'at karena Allah ta'ala"

Mungkin anda bingung mengapa latin ditulis "Tahajjud" sedangkan pada artinya ditulis "tahajud". Sebenarnya ini hanya masalah ke-umum-an penulisan dalam bahasa indonesia, dalam tulisan arab terdapat harakat tasydid sehingga harus dibaca lebih tebal, sama halnya dengan penyebutan "sholat" atau "shalat" manakah yang benar? keduanya benar karena mengandung maksud yang sama, tidak perlu mempermasalahkan "Sholat Tahajud" dan "shalat tahajjud"

2. Takbiratul Ihram
catatan : jika dalam sholat wajib (fardhu) ada rukun yang menyebutkan berdiri bagi yang mampu, untuk sholat sunnah boleh dikerjakan dengan duduk meskipun mampu

3. Membaca doa iftitah, Al fatihah dan surat dalam al quran.
4. Ruku
5. I'tidal
6. Sujud
7. duduk diantara 2 sujud
8. tahiyat akhir
9. salam

Perlu diperhatikan sholat tahajud dikerjakan dengan 2 raka'at salam, 2 raka'at salam. dalam sebuah hadits dijelaskan;
صَلاَةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى ، فَإِذَا خَشِىَ أَحَدُكُمُ الصُّبْحَ صَلَّى رَكْعَةً وَاحِدَةً ، تُوتِرُ لَهُ مَا قَدْ صَلَّى
Artinya : Sholat malam itu dua raka’at salam, dua raka’at salam. Jika salah seorang di antara kalian takut masuk waktu shubuh, maka kerjakanlah satu raka’at. Dengan itu berarti kalian menutup shalat tadi dengan witir.” (HR. Bukhari, no. 990 dan Muslim, no. 749)
Baca Juga : Doa Sholat Tahajud

Manfaat dan Keistimewaan Sholat Tahajud.

Banyak sekali manfaat sholat tahajud, di antaranya adalah;
1. Allah akan mengampuni dosa-dosa yang telah lampau
2. Allah kabulkan doa-doa
3. Surga
4. Pandai bersyukur
5. Termasuk dalam golongan orang sholeh, dan masih banyak lagi yang lainnya.

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ
Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari)
Sudah kita ketahui sepertiga malam adalah waktu mustajab dalam berdoa, Pasti setiap doa kita akan dikabulkan.
Banyak yang bertanya, saya sudah sholat tahajud, setelah itu juga saya dzikir dan doa, kok doa-doa saya tidak dikabulkan?. Perlu kita sadari, ada banyak sebab doa yang kita panjatkan tertunda, bisa jadi kita melakakukan sholat tahajud namun masih melakukan dosa-dosa, memakan barang haram dan lain sebagainya. Sholat tahajud sendiri juga dapat berarti waktu yang tepat untuk kita instrospeksi diri, dosa apa yang masih kita lakukan, kesalahan apa yang kita perbuat, kelalaian apa yang kita kerjakan dan lain-lain.

Itulah tata cara sholat tahajud, yang dapat kami tuliskan. Semoga kita dapat melakukannya setiap hari dan ber-Istiqomah di jalan Allah. Jika terdapat kritik, saran dan pertanyaan silakan tinggalkan komentar. Insyaallah kami akan menjawabnya.

0 Response to "Tata Cara Sholat Tahajud"

Post a Comment